Senin, 05 Maret 2012

Gelombang Berdiri


·         Terjadinya gelombang berdiri
Misalnya, sebuah tali salah satu ujungnya di goyangkan sedangkan ujung yang lainnya tetap sehingga terbentuk sebuah gelombang harmonis yang kontinu. Gelombang tersebut merambat dari ujung bebas menuju ke ujung tetap dan dipantulkan kembali dengan bentuk dan ukuran gelombang terbantul sama dengan gelombang yang menjalar hanya arahnya yang berlawanan. Bila ujung terbuka terus digoyangkan hingga terbentuk gelombang dengan frekuensi yang sama maka terbentuk dua gelombang yang merambat di dua arah. Gelombang yang merambat di ujung tetap akan berinterferensi dengan gelombang pantulan yang kembali. Kedua gelombang tersebut berinterferensi sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah gelombang yang tidak muncul sama sekali sebagai gelombang berjalan dengan amplitude besar. Gelombang hasil interferensi inilah yang disebut sebagai gelombang berdiri. Gelombang berdiri terlihat seperti tidak merambat dan hanya berosilasi ke atas ke bawah dengan pola yang tetap.
·         Perbedaan gelombang berdiri dan gelombang individual
Gelombang berdiri
Gelombang individual
Terdiri dari dua gelombang dengan bentuk dan ukuran sama yang berinterferensi sehingga menghasilkan sebuah gelombang yang tampak diam dengan amplitude besar
Terdiri dari sebuah gelombang yang dapat memindahkan energy dari satu tempat ke tempat lain karena getaran tanpa memindahkan medium.
Gelombang berdiri menyebabkan tiap-tiap titik sepanjang arah gelombang bergetar secara harmonis dengan fase sama satu sama lain, akan tetapi amplitudonya berbeda-beda dari satu titik ke titik di sampingnya secara harmonis.
Gelombang individu menyebabkan tiap-tiap titik sepanjang arah gelombang bergetar dengan amplitude sama sedangkan fasenya berbeda-beda dari satu titik ke titik yang laindi sampingnya secara harmonis,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar